Hai guys!

Kali ini aku bakal nulis tentang aplikasi-aplikasi smartphone kece yang bener-bener aku sukai. 

Topik #Blogger’s Challenges ke-35 kali ini datang dari aku sendiri, hahaha.

Alasannya sederhana aja, aku lagi nggak mau topik yang berat-berat sekaligus aku pengen kepo sama aplikasi yang ada di hp ABC lainnya.

Aku juga mau promosi aplikasi yang the best banget menurutku selama ini.

Yah, bisa dibilang, setahun belakangan ini aku ngerasa seperti smartphone-addict gitu.

Sehari tanpa pegang hp itu rasanya hampaaaaaaaaaa. 

Nah, mau tahu kan kira-kira apa aja ulahku saat pegang hp, dan aplikasi apa aja yang bener-bener cocok di hatiku? (Iyain aja ya, akunya maksa, haha).

Yuk, mariiiiii.

1. WORDPRESS

Kayaknya ini salah satu aplikasi yang paling sering kubuka. Sejak ngeblog di wordpress, aku follow banyak blog. Jadiiiii, selain bikin postingan, aku juga rajin pake banget ngecek update postingan orang di bagian readers, following sites. 

Aku suka baca cerita orang, tapi kenapa malas banget baca berita ya? Ummmmm.. 

Yang kusukai dari aplikasi ini:

1. Blogpost

Nulis post-nya enak banget, ngetiknya cepat, bisa upload gambar, bisa nge-bold, italic, quote, numbering, dan setelah kusadari, ternyata bisa juga nge-linking. Ada pengaturan postingan, bisa pilih terbitkan sekarang atau naskah dulu, bisa pilih kategori tulisan,  tag, rangkuman bahkan lokasi. 

2. Tema

Bisa utak atik tema lhooooooo, kalo mendesak, nggak perlu online lewat laptop, dari hp juga bisa. Mantep bangets laah. Aku sering nyoba-nyoba tema baru lewat aplikasi ini doang.

3. Newsfeed

Nah, aku bisa tahu update blog-blog yang kuikuti dan bisa langsung baca dari aplikasi ini. Kalo blognya wordpress juga, aku bisa langsung komen. Warbiazaaaaahh. 

4. Notification

Aku nggak suka aktifkan notifikasi email. Ganggu banget. Nah, di bagian notif, aku bisa tahu kalo ada yang komen, like ataupun balasan dari blog lain (asal wordpress juga). 

Jadi, nggak ada lagi alasan males ngeblog karena harus nulis di laptop.

2. BLOGGER

Selain blog ini, aku punya blog alay di blogger.com, namanya wawhacuza.blogspot.co.id. Isinya lebih alay daripada blog ini, di situ aku bener-bener nggak tahu diri dan ngomongin ntah apa aja. 

Jadi, aplikasi ini juga penting buatku, yah, walaupun sekarang aku nggak rajin update lagi. Binun adek bang, banyak kali blognya, nggak penting juga yang ditulis. Nah, demi mengurangi ke-alay-an, aku pun lebih fokus nulis di dearlangit.wordpress ini (untuk #Blogger’s Challenges dan cerita-cerita remahan) dan di nurwahidahramadhani.wordpress.com (untuk bahas buku). 

Yang kusukai dari aplikasi ini: aplikasinya ringan dan sederhana. Cocok untuk nulis postingan dan bisa masukin link, hanya saja opsi lainnya terbatas. Tapi, untuk draft tulisan oke banget kok.

3. LINE

Dulu aku punya bbm, tapi aku ngerasa nggak nyaman dan justru ngebebanin. Jadi, aku pake line untuk chatting-an. Di Line, ada grup PPL, temen SD, SMP, SMA, Blogger’s Challenges, BBI-ers Medan dsb. 

Pokoknya kontak penting ada di Line semua. 

Yang kusukai dari aplikasi ini:

1. Chat-nya gampang masuk walaupun sinyal nggak stabil.

2. Ada stikernya, jadi obrolan nggak terlalu serius.

3. Bisa bikin grup dan bisa simpan foto di album maupun di keep. 

4. Bisa update status juga, hahahaha. Baca status orang dan ngomen, walaupun nggak terlalu sering.

Fyi, Line ID-ku: nurwahidah.ramadhani 

Promosi aja sih, mana tahu ada yang mau ngehubungin kan. Wkwkwkkwk.

4. WHATSAPP

Ini aplikasi baru sih, sejak hp baru, wkwkkwk. Gunanya untuk chat juga walaupun formatnya individualis banget, kayak smsan biasa, tapi oke juga. Aku buat akun WA, supaya gampang join ke grup gitu, tapi nyatanya nggak ada satu grup pun yang aku punya di sini, wkwkwkk. 

Yang aku suka dari aplikasi ini: kelihatan waktu terakhir si kawan online. Jadiiiiii, kalo ternyata dia online saat aku nge-chat dan dia nggak ngebaca juga. Ummmmm, cukstawwwww aja adek, bang. Aplikasi ini paling cocok untuk tahu aktif tidaknya seseorang, kalo ternyata dia hari ini aktif, kemungkinan besar chat kita bakal cepat dibaca. ON = ada paket internet (kecuali dia on modal wifi doang). 

Hayooo, kamu ketahuan punya paket tapi nggak mau balas si doi, wkkwkwkwkwkk.

5. INSTAGRAM 

Aku masih ingat dulu pas disuruh Hera buat IG, akunya ogah-ogahan. Alasannya tolol banget, “Aku kan nggak suka foto selfie, aku juga nggak suka foto-foto pemandangan, nggak punya jiwa seni.”

Aku ngerasa IG itu untuk mejeng foto selfie doang, atau foto pemandangan cantik. Pikiran dangkal, wkwkkwk. 

Tapi, akhirnya aku buat IG, dua malah. Dearlangit (foto bareng temen-temen, foto untuk hunting giveaway, dll) dan Nurwahidahramadhani (foto buku, tapi nyatanya nggak juga, wkwkwk).

Konyol kan?

Setelah punya IG, lama-lama aku malah suka banget sama aplikasi ini. 

Yang kusukai dari aplikasi ini:

1. Bisa dianggap galeri foto dalam format digital. Karena aku orangnya agak pelupa, aku penting banget untuk capture the moment. Jadi, tiap momen penting bisa diabadikan di sini, saat melihatnya, aku bisa recall memories gityuuu.

2. Aku nggak pake bbm lagi, jadi aku nggak tahu perkembangan kawan-kawanku (kalo di bbm kan bisa tahu dari update pm dan status). Jadi, demi mengetahui perkembangan mereka tanpa harus ngechat, aku senang aja lihat foto-foto mereka di beranda. 

3. Sejak ada InstaStory, aku juga bisa update kesibukanku dan tahu kegiatan orang lain juga, wkwkkwk. Tahu siapa aja yang ngeliat story-ku. Jadi, aku tahu, “Oh, ternyata dia pengen tahu kabarku.” Yah, jadi ngerasa ada yang peduli.

4. Sekarang, bisa upload beberapa foto dalam satu kali post. Ini peningkatan yang warbiazaaaaaaaaah dan bagus. Jadi, adek nggak nening pilih satu foto untuk di-upload. 

6. TWITTER

Twitter ini nyaris kuhapus. Sejak dulu, aku paling nggak ngerti cara mainin twitter. Lelah banget adek pantengin timeline yang tiap detik bertambah karena karakter dibatasi. Binun, binun, binun. Hera sampe lelah ngajarin aku. 

Hingga September 2016 lalu, aku mulai maksain diri aktif di twitter karena aku hunting buku-buku dari giveaway gitu. Syaratnya musti share di twitter dan mention beberapa akun. Yaaaaa, dipaksainlah demi usaha supaya dapet buku gratis. 

Kemudian, aku mulai ikutin akun-akun blogger buku dan sejak resmi jadi member BBI, aku makin sering buka twitter untuk taju info terbaru gityu.

Yang aku suka dari aplikasi ini: bisa aktifkan notifikasi update-an dari akun yang kuikuti. Jadi, aku nggak ketinggalan info. 

7. WEBTOON

Jujur, aku nggak pande baca komik. Aku coba baca, dan aku nggak ngerti alurnya, juga jalan ceritanya, (waktu kecil kurang hiburan, sedih banget). Tapi, sejak webtoon dirilis, aku tertarik. Sayangnya waktu itu hpku dikit RAM-nya jadi aku nggak bisa download.

Sekarang, aku bisa download dan baca webtoon. Lumayanlah untuk mengibur diri. Ada variasi selain baca ebook, wkwkwkkwkwk. 

Mungkin karena panelnya sederhana, makanya aku ngerti baca webtoon, wkwkkwkwk. 

Yang aku sukai dari aplikasi ini: bisa unduh komik jadi bisa baca offline, dan ada notifikasi komik favorit, jadi nggak susah ngelanjutin bacanya.

8. iJakarta dan iPusnas

Bisa dibilang ini surga bangeeeeeeet. Bisa baca buku gratis. Buku terbitan penerbit yang ber-ISBN. Legal. Pas tahu aplikasi ini, rasanyaaaaa bahagia banget. 

Berkat iJak dan iPusnas, semangat membacaku kembali membaca. 

Yang kusukai dari aplikasi ini:

1. Bisa pinjam buku gratis walaupun harinya dibatasi. Nggak pake denda walaupun namanya perpustakaan (yaiyalah, namanya digital, buku otomatis ditarik kalo masa pinjamnya habis). 

2. Ada note pribadi yang kugunain sebagai tempat mencatat buku-buku yang sudah kupinjam.

3. Ada riwayat peminjaman. Jadi, kalo aku lupa udah pernah minjam dan baca buku apa aja, tinggal cek di situ.

Semoga iJak dan iPusnas makin berkembang, koleksinya makin banyak. 

9. 3350 ENGLISH PRACTICE GRAMMAR

Kalo lagi bosan, aku iseng ngerjain soal dan kekeh-kekeh sendiri karena jawabnya ngasal. Yaa ampun, kelihatan banget grammar-nya berantakan, hahaha. 

Aku adalah salah satu orang yang percaya bahwa mempelajari sesuatu yang bersifat akademik lebih bagus menggunakan soal daripada baca materi panjang-panjang. plikasi ini bagus banget untuk ngelatih diri ngerjain soal-soal bahasa Inggris. 

Yang aku sukai dari aplikasi ini: ada level-nya dan ada kunci jawabannya setelah kita selesai jawab soal. 

10. MERRIAM-WEBSTERN DICTIONARY

Kamus bahasa Inggris yang penjelasannya juga pake bahasa Inggris, (apaan sih, Wa).

Yang kusukai dari aplikasi ini:

1. Ada history dari kata yang dicari.

2. Bisa dengerin pronunciation-nya.

3. Ada games-nya juga lho. 

11. POLARIS OFFICE

Aplikasi untuk baca file (Microsoft Office dan PDF). 

Yang kusukai dari aplikasi ini:

1. Bisa edit file Ms. Office.

2. Ada option read text, jadi kalo pengaturan bahasa yang digunakan bahasa Inggris, kalo ada teks bahasa Inggris, bisa dibacain. Aku suka banget dengerinnya, belajar pronunciation dan lebih fokus ngebaca teksnya karena ngikutin suara dari aplikasi itu. 

12. MUSLIM PRO

Aplikasi baca Al-Qur’an.

Di antara aplikasi Al-Qur’an lainnya, muslim pro kayaknya yang paling lengkap. 

Yang kusukai dari aplikasi ini:

1. Banyak opsi penting seperti doa-doa, jadwal salat, kiblat, kalender hijriah, dsb.

2. Bisa setel azan saat waktu saat tiba.

3. Bisa download audio surah-surah. 


13. JOOX

Aku termasuk orang yang nggak update lagu-lagu baru, jadi JOOX ini cocok banget samaku.

Yang kusukai dari aplikasi ini:

1. Lagunya update terus.

2. Ada liriknya.

3. Masih bisa didengarkan secara offline dari jika lagunya ada di recently update.

14. ZUMA

Zuma adalah game lempar bola dari mulut kodok ke bola yang bergerak. 

Kalo lagi bosan, kadang aku main ini, soalnya nggak susah maininnya. Hahahhaa. 

Yang kusukai dari aplikasi ini: aku cuma perlu fokus ke nembak ke warna yang sama, jadi mainnya nggak bikin maki-maki gitu. 
15. KBBI V

Aplikasi ini ku-download karena baru tahu dari mas Arif. Dulunya, aku pake Yufid untuk kamus bahasa Indonesia.

Yang kusukai dari aplikasi ini: karena KBBI V terbaru, jadi lebih update isinya apalagi banyak perubahan lema dsb. 

16. SMULE

Hahahha. Ini aplikasi karokean. Kadang kalo udah stres kali, aku mau juga nyanyi di sini, tapi nggak disimpan. Abis nyanyi, ya di hapus.

Yang kusukai dari aplikasi ini: bisa dengerin suara sendiri dengan pilihan efek, hahaha.

Nah, itulah 16 aplikasi yang TOP BGT di hpku. Mungkin nantinya bakal bertambah, tergantung situasi dan kondisi. 

Sekian tulisanku kali ini, terima kasih sudah membaca. 

Kamu punya aplikasi rekomendasi lainnya?

Iklan