Sejak aku punya smartphone dan bikin blog di WordPress, aku rajin follow blog-blog kece supaya aku bisa baca update tulisan mereka. 

Dari dulu aku suka blogwalking, baca-baca tulisan orang, nge-bookmark halaman mereka, tapi hampir nggak pernah kasi komentar.

Alasan kuatnya males. Malesnya karena dua hal yaitu bingung mau ngomen apa, dan terkadang ribet karena kebanyakan pake blogspot. 

Alasan pertama itu emang beneran lho akunya sering bingung mau komentar apa karena aku sadar, kasi komentar juga bagian dari seni menyampaikan pendapat. Apa yang menggelitik saat baca suatu tulisan lalu membahasakannya dengan sopan. 

Namanya juga ngomen… a.k.a mengkritik (yang sering kumaknai sebagai mencari kesalahan atau suatu yang janggal *pikiran dangkal, cuih). Kan susah ya? Nggak mudah saat seseorang mengatakan, tulisanmu itu salah, aneh, konyol, walaupun seandainya dia dengan baik hati menjelaskan dimana letak kesalahan, keanehan dan kekonyolan kita di depan umum (karena postingan blog bisa dibaca semua orang, haha). Dan akibat komentar seseorang yang nggak enak itu, bisa aja pembaca lain mikir hal yang sama (padahal sebelum baca komen, dia nggak mikirin hal itu atau nggak bereaksi apa-apa, wkwkkwk). 

Nah, lama kelamaan rasanya aku gerah juga, kalo udah baca tulisan seseorang dan nggak ngomen karena ngerasa, “It’s like nothing to say”. Rasanya tuh, pengen ngomen gitu, pengen si blogger tahu, “Aku baca blog kamu lho selama ini, semangat ya.”

Karena keinginan kuat untuk bisa mulai berkomentar, aku lebih memperhatikan apa sih yang dikomen orang lain. Gimana cara mereka membahasakan respon mereka terhadap tulisan itu? Apa aku ngerasa hal yang sama juga? 

Yaps, itu dia solusinya.

Membaca postingan orang dengan sungguh-sungguh, berusaha mencari sesuatu yang menarik dari postingan tersebut diiringi dengan mempelajari bagaimana orang-orang berkomentar di suatu blog. 

Saat baca komentar-komentar orang dan cara si blogger menjawab komentar tersebut, aku belajar, “Oh, bisa ya komen beginian.. Oh ternyata harus dijelaskan supaya lebih spesifik. Oh.. Oh.. Oh..”

Alasan kedua, ngerasa ribet ngomen di blogspot. 

Bisa dibilang aku tuh cuma online dan blogwalking di hp doang. Kalo yang lain ngeblog, baca dan komen itu lewat laptop, aku justru nggak suka. 

Aku bener-bener penikmat baca lewat hp. Rasanya kalo baca di laptop itu nggak fokus. Kayak ngerjain tugas berat, haha. 

Nah.. Masalahnya, sejak smartphone pertama, aku nyamannya cuma browsing pake UC Browser. Pernah pake opera dan chrome, tapi nggak cocok (mungkin karena hpnya). 

Dari mulai Asha 303 (internetan super lambat dibanding android), Galaxy Fame (yang kujual karena batrenya udah soak parah), Vivo Y15 (yang ilang di angkot padahal aku termasuk orang yang nggak ceroboh), hingga saat ini Oppo A37 (yang sangat kucinta karena memenuhi kebutuhanku sebagai smartphone-addict).

Saat pake Asha, browserku opera mini karena cuma itu yang support hpnya. Tapi, sejak Galaxy Fame, cuma UC Browser yang asyik dipake (Chrome menguji kesabaran karena bawaannya pengen banting hp saking lambatnya). Jadi, bisa dibilang, cuma UC Browserlah yang paling cocok dan aku udah sangat cocok dan terbiasa dengan tampilannya. 

Tapi, eh, tapi, masalahnya justru muncul di sini. 

Ntah kenapa, walaupun aku udah login email, tapi tiap komen di blogspot, dia nggak mau connect. 

Aku pake google account, dia nggak mau respon. Aku pake wordpress juga nggak bisa. Belum lagi harus rechapta. Ahh, ngemalesin banget kan?

Bayangin aja, aku asyik baca di UC Brwoser, terus aku ngetik komen panjang kali lebar, terus aku coba klik publikasikan.. Pas selesai loading, semua lenyap.

Huft.. Awalnya aku kira sinyal nggak bagus. Oke, aku ketik ulang, lalu supaya aman, aku copy semuanya biar ntar bisa di paste kalo bermasalah, kemudian aku coba komen lagi.  

Gagal!

Begitu terus sampe capek aku ngulangnya.

Ini emang browser-nya yang nyalah atau akunya yang bego? Tapi, kalo aku ngomen ke wordpress bisa kok.

Akhirnya, aku nyerah.

Nggak mau ngomen. Males. Sakit hati.  

Nah, masalah lainnya muncul. Karena aku sekarang udah jadi member BBI, rasanya aku makin pengen ngomen tulisan mereka apalagi artikel ataupun ulasan mereka enak dibaca dan ngasi aku sesuatu. Tapi, rupanya mereka banyak yang pake blogspot.

KEZEL. 

Apa dibiarin gini terus?

Akhirnya tadi malam aku chat kak Putri (setelah aku lihat dia komen di blog lain).

Aku: Kakak kalo ngomen, sering online dari hp atau laptop?

Kak Put: Laptop dek.

Aku: Kalo ngomen dari hp kakak biasanya pake browser apa? Wa pake UC tapi nggak bisa komen ke blogspot.

Kak Put: Login dulu ke email dek di browser-nya. Kakak pake Chrome sih dan bisa.

Aku: Oke kak, aku coba dulu, semoga bisa.

Saat kucoba dengan Chrome, ternyata bisa. Hahahhahahhaha. 

Apalagi, loading Chrome di hpku ini kencang. Dulu, pas Vivo, Chrome-ku nggak mau jalan, wkwk. Itulah, mengingat masa lalu dan lupa meng-update fakta masa sekarang. 

Ternyata, move on (mencoba sesuatu dan meninggalkan yang lama) itu nggak rugi. Makanya, jangan ingat mantan doang, cuci mata, lihat yang lain, wkwkk. Apa sih, gaje banget, Wa, tiba-tiba ngomongin mantan -___-

Problem solved! 

Case closed!

Tapi sebenarnya, walaupun bisa pake Chrome, aku masih lebih suka tampilan UC. Di UC iklan otomatis di blok, tampilannya bisa diperbesar-diperkecil, bookmark-nya bisa buat folder baru jadi aku gampang mengkategorikan link, loadingnya cepat. Aduuh, pokoknya UC the best lah.

Tapi yaudah, aku ikhlas dan mulai membuka hati pada Chrome. 

Toh, biasanya aku ngomen itu di blog member BBI, jadi, aku bookmark aja Aggregator BBI (semua tulisan member BBI terkoneksi ke aggregator itu jadi aku bisa baca update mereka dengan mudah), dan dari situ langsung meluncur ke blog, baca, terus ngomen.

Nggak apalah kalo hurufnya nggak bisa dibesarkan. Agak nyiksa mata dikit. 

Oke, sekian curhatanku kali ini. Terima kasih sudah membacanya. 

Mungkin kamu tahu letak kesalahanku menggunakan UC dan punya solusi supaya aku bisa ngomen blogspot dari UC aja? Komen aja posting-an ini, nggak usah malu, nggak usah segan, nggak apa-apa kok akunya dikomen, beneran? *maksabangetyaaaaaaa

Iklan