Hai guys!

Malam ini, aku buka grup chat Whatsapp kelas. Seorang teman (sebut saja A) mengatakan dia punya sebuah berita.

Namanya juga chat, jadi teman-teman yang lain ikut nimbrung.

Lucunya, setelah mengatakan dia punya sebuah berita, dia justru nggak melanjutkan chat-nya. 

Semua heboh. Semua nungguin beritanya hingga bermenit-menit kemudian. Saat si A nimbrung lagi, dia malah mengatakan bahwa kulit manggis ada ekstraknya.

Kabar gembira untuk kita semua. Kulit manggis, kini ada ekstraknya. #iklan

Lucu sih.. Mungkin niatnya mau nyapa gitu. Tapii, teman yang lain udah berekspektasi yang gimana-gimana. 

Pasalnya, beberapa hari yang lalu ada teman yang baru nikah. Jadi, kami kira ada undangan baru. 

Kemudian, teman dekat si A menanggapi, “Ih, sok secretive lah.”

Yang lain juga sibuk mengomentari si A. 

Aku sendiri nggak ikutan ngomong di chat, aku malah tertarik dengan kata, “sok secretive” itu. 

Apa itu secretive? 

Aku belum familiar dengan kata tersebut. Belum pernah menjumpai penggunaan kata ini. 

Yang aku tahu itu sekresi (pengeluaran hasil kelenjar) dalam istilah Biologi dan itu sama sekali nggak cocok sama konteks pembicaraan kami.

Selain itu, ada dugaan kedua yaitu berkaitan dengan kata “secret” yang artinya rahasia.

Daripada menduga-duga, aaku putuskan untuk buka aplikasi Kamusku (Kamus offline Ind-Ing/Ing-Ind) .

Secretive ternyata kata sifat (adjective) artinya suka berahasia. 

Trus, akunya masih belum puas. Jadi, aku buka UC Browser, terus nemu laman thesaurus.com.

Yang menarik perhatianku adalah bacaan Get Android App.

Aku buka Playstore dan mengetikkan thesaurus.com namun yang keluar adalah aplikasi Dictionary.com

Aplikasinya ringan, nggak nyampe 10 MB jika online. KAalo mau offline bisa juga tapi musti download kamus sekian MB. Rating-nya tinggi.

Aku download deh, wkwkwk.

Dan saat aku buka aplikasinya, oke banget lho. Ada Word of the Day-nya, ada artikel-artikel blog juga. 

Aku coba cari kata secretive tadi.

Di bagian Dictionary terdapat opsi sound sehingga aku tahu cara membacanya (show spell) sekaligus penulisan fonetiknya (show IPA). Selain itu ada penjelasan mengenai awal mula kata digunakan (Origin) serta related forms dan synonyms-nya. 

Saat layar digeser, aku beralih ke Thesaurus. Di sini aku dapat Anthonyms-nya. 

Kemudian di bagian Learners, diberikan contoh penggunaan kata dalam kalimat. 

Setelah baca-baca penjelasan yang ada, aku jadi paham makna secretive tersebut. 

Secretive (adj): suka berahasia.

Secretive person: orang yang tertutup.

Hmmmm.. aku suka aplikasi ini. Aku jadi bisa eksplor banyak kata baru secara offline 😊😊😊😊

Terimakasih sudah membaca posting-an ini. 

Oh ya, aku juga pernah nulis tentang 16 Aplikasi Kece lho. Dibaca ya. 

