Hai guys!

Di posting-an kali ini aku pengen promosiin tentang komunitas (sebut saja begitu) bloger yang aku ikuti. 

Sampai saat ini bisa dikatakan aku baru ikut tiga komunitas bloger.

Pertama, #Bloggers’Challenges (BC) di mana aku sendiri yang buat komunitas itu September 2016 lalu. Hingga saat ini ada 12 anggotanya. Kalian bisa baca kegiatan-kegiatannya di kategori #Bloggers’Challenges (mulai dari topik-topik yang sudah ditulis hingga laporan kopdar)

Seperti namanya, setiap bloger punya kesempatan memberikan topik (bergiliran, deadline tiap hari Minggu) yang harus ditulis bloger lainnya di blognya masing-masing. 

Kami komunikasi melalui grup chat di Line serta kopdar per bulan. 

Pengen gabung? Baca penjelasan selengkapnya di sini

Kedua, Blogger Buku Indonesia (BBI). Aku resmi jadi anggota BBI pada Januari 2017. Untuk menjadi anggotanya, aku menggunakan blog khusus yang membahas buku yaitu nurwahidahramadhani.wordpress.com

Cerita lengkap mengenai proses pendaftaran hingga resmi diterima jadi anggota BBI pernah kutulis di posting-an Jadi Member BBI, Horeee!

Ketiga, Obrolin

Apa itu Obrolin??

Nah, selanjutnya aku bakal fokus membahas grup Obrolin ini ya. Aku akan cerita mengenai komunitas ini berdasarkan pengalamanku setelah 2 minggu bergabung.

#

AWALNYA…

Pada suatu Kamis pagi yang indah (6 Juli 2017), aku cek notifikasi WordPress. Mas Nur Irawan follow blogku. 

Penasaran, akupun buka blog mas Ir lewat browser. Saat baca judul-judul dan beberapa posting-annya, aku ngelihat banner Obrolin. 

Aku klik dan laman berpindah ke situs obrolin.wordpress.com

Sebagai orang yang kepo, walaupun posting-an blog itu baru satu, aku baca laman about us-nya.

Penjelasannya rapi dan menarik. 

Merasa tertarik, akupun mengisi Google form yang disediakan. Aku mengisi nama, domisili, link blog dan nomor Whatsapp.

Nggak nyangka, beberapa jam kemudian, mas Ir nge-chat aku via Whatsapp. 

“Fast respon, seneng deh.” Itulah yang kupikirkan.

Sebagai orang yang juga pernah buat grup sendiri (BC tadi), aku ngerasa cara komunitas ini merangkul orang-orang yang tertarik sangat bagus. 

Beliau menyapa, memperkenalkan diri dan menjelaskan grup tersebut lebih rinci lalu menanyakan kesediaanku untuk bergabung. 

Grup chat Obrolin dibagi menjadi dua:

1. Obrolin Santai: grup chat yang membahas banyak hal seperti berkenalan, cerita-cerita lucu, dsb. Intinya sebagai wadah bersilaturahmi karena anggota Obrolin berasal dari berbagai provinsi dan kota di Indonesia.

2. Obrolin Serius: grup chat yang digunakan untuk rapat, diskusi dan kelas. 

*Diskusi: diadakan Senin malam pukul 20.00 – 22. 00 WIB. Pembahasannya ringan dan hanya ada moderator saja (moderator memberi pertanyaan-pertanyaan yang akan didiskusikan).

* Kelas: diadakan Minggu malam pukul 20.00 – 22. 00 WIB. Ada moderator dan pemateri serta kegiatan tanya-jawab sesuai materi yang disampaikan.

Aku dibebaskan untuk memilih, apakah mau gabung ke dua grup chat tersebut atau hanya satu saja. Aku sendiri memang suka dengan konsep dua grup tersebut jadi aku memutuskan untuk ikut kedua-duanya. 

Aku semakin respect sama grup ini.

Nah.. Beberapa menit kemudian aku masuk ke grup.

Mas Ir memperkenalkan aku di dua grup tersebut. Aku juga sudah niat untuk bersikap ramah (soalnya aku kalo baru masuk ke lingkungan baru sering mendadak introvert gitu, hehe).  

Aku memperkenalkan diri, asal dan link blog. Mereka langsung menyambutku dengan hangat (merasa seperti itu, wkwk).

Kemudian, mbak Ikha, selaku notulen, memintaku untuk mengisi data diri. 

Ternyataaaaaa.. Aku adalah anggota ke-86. 

Wooooooow.. Padahal grup ini baru lahir bulan April 2017 lho! Ingat BC yang hampir setahun diresmikan, aku jadi sedih (walaupun konsepnya beda), wkwkkwkwkwk.

Mas Ir dan mbak Ikha nge-chat aku secara personal dan memberikan data-data anggota yang lain. Akupun mulai menyimpan nomor mereka satu per satu dengan format (ini nggak ada yang nyuruh yaa, inisiatif pribadi): 

O Nama Umur Asal 

Keterangan:

O: obrolin, biar mudah menandainya di kontak.

Nama: Khususnya nama panggilan.

Umur: supaya aku tahu manggilnya, mas, mbak atau adek.

Asal: ini penting menurutku, biar bisa mengerti konteks bahasa yang digunakan.

Belum semuanya aku save, soalnya banyak banget (apalagi aku musti mencari tahu umur dan asalnya juga). Tapi aku prioritaskan orang-orang yang sering nongol di grup, hehe. 

#

MANFAAT

Kalian pasti pengen tahu kan apa aja yang sudah kudapatkan di grup ini sehingga aku mempromosikannya? Iya kan aja ya, wkwkwk.

Hm.. Ada 3 manfaat nyata yang kudapatkan selama bergabung di grup chat ini. 

Pertama, aku bisa berkenalan dengan bloger lainnya. Lintas provinsi dan pulau!

Kedua, aku bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru lewat diskusi dan kelas yang sudah diadakan. Sampai saat ini, ada 2 diskusi (selera mengatur dan merawat kamar tidur dan interaksi para bloger mempengaruhi semangat menulis) serta 2 kelas (cara me-review novel dan tips membuat opening tulisan). Selain itu, aku juga dapat pengetahuan baru dari blogwalking blog-blog mereka. 

Ketiga, anak Obrolin sering mampir untuk baca, ngomen dan menyukai posting-anku. 

#

JADIIIIII

Bagi kamu bloger yang pengen punya teman baru, suka diskusi dan belajar bersama bloger lain, aku merekomendasikan kalian untuk gabung ke komunitas ini.

#

Nah itu dulu yang bisa aku ceritakan mengenai Obrolin. Nantinya aku akan nulis mengenai kelas dan diskusi yang sudah kuikuti di kategori OBROLIN

Terimakasih sudah membaca 😊😊😊

Apa kamu punya grup/komunitas bloger menarik lainnya? Atau kamu punya cerita mengenai komunitas bloger yang kamu ikuti? Yuk, share pengalamanmu di kolom komentar di bawah ini. 

