Hai guys!

Sesuai dengan judul posting-an aku pengen nulis tentang kegiatan nanam pohon yang kuikuti minggu kemarin. 

Semacam dokumentasi kegiatan. Dan sepertinya posting-an ini agak panjang (kapan sih Wa posting-anmu nggak panjang? -_-)

#

SATU

Dwita, sahabat kampus sekaligus anggota #Bloggers’Challenges, beberapa bulan yang lalu ikut komunitas KaDo (baca: Kampung Dongeng). 

Aku, sebagai orang yang kepo, pengen tahu kegiatan-kegiatan KaDo itu apa aja. Gimana mereka mendongeng? Gimana cara menarik atensi anak-anak? Jadi, aku bilang sama Dwita kalo aku pengen mengamati dan membuat cerita tentang kegiatan mereka di blog. 

Nah, sekitar sebulan yang lalu, Dwita ngasih info kalo KaDo mengadakan kerjasama dengan komunitas lingkungan hidup untuk nanam pohon gitu. 

Tanpa pikir panjang, aku setuju buat ikutan. 

#

DUA

Kegiatan itu bernama Menanam Untuk Kotaku diadakan pada hari Minggu (16 Juli 2017). Tujuannya untuk menciptakan hutan kota di TPA Terjun, Jl. Paluh Nibung, Pasa V, Kel. terjun, Kec. Medan Marelan, Medan. 

Acaranya diundur dari tanggal 9 ke tanggal 16 Juli

Yaps, tempat kegiatannya di TPA a.k.a tempat pembuangan akhir. Jadi, ketika kami sampai di sana, terciumlah bau-bau yang tidak enak serta pemandangan yang WOW.

Bukit sampah a.k.a Zona Aktif

Tapi, kami berempat sudah siap mental 😁😁

Sebelum nanam, kami (Aku, Dwita, Hera, Nisa, kiri ke kanan) foto dulu

#

TIGA

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan dan Yayasan Budaya Hijau Indonesia serta bekerjasama dengan sejumlah media dan komunitas yang ada di Medan.

Adapun rangkaian acaranya sebagai berikut:

Registrasi peserta (perorangan dan komunitas). Kami berempat registrasi dengan membawa nama KaDo. 

Seremoni berisi kata sambutan dari pihak-pihak terkait serta pelantikan Duta Lingkungan Hidup. Saat seremoni, kami hunting foto, selfie, pake topi dan masker sambil mendengarkan pembicara.

Penanaman pohon di Zona A (zona non- aktif). Di TPA Terjun, zona dibagi dua, zona aktif (bukit-bukit sampah) dan zona non-aktif (bukit bekas sampah yang sudah mulai ditumbuhi rumput-rumput). Kami perlu mendaki jalanan terjal bersama ratusan peserta lainnya (tsaaah, bahasanya). 

Zona non-aktif

Katanya, ada 2500 bibit pohon yang mau ditanam.

Setelah naik ke zona non-aktif, kami melihat pemandangan yang indah lho.

Nggak nyangka ada pemandangan indah di tempat itu

Terakhir, pembagian sertifikat, stiker dan foto bersama. 

#

EMPAT

Eitsss.. Ceritanya belum berakhir lhooooo.

Di antara penanaman pohon dan pembagian stiker, ada satu kegiatan lain yang sangat menarik, yaitu KaDo Pekan Ceria (KPC).

Di depan Rumah Pintar TPA didirikan tenda untuk acara. Selepas menanam, kami turun dari zona non-aktif menuju tenda tersebut.

Anggota KaDo dan beberapa anak-anak sudah duduk cantik di sana. 

Dwita dan kak Ria membawakan agenda KPC yaitu:

1. Senam KaDo dan senam Making Melody.


2. Belajar sains (koin logam menghilang di air akibat pembiasan).

3. Games (tali estafet bersambung).

4. Craft (mewarnai gambar pohon).

5. Senam penguin (bareng anak pramuka).

6. Dongeng tentang lingkungan.

7. Pembagian balon.

Urutan kegiatan dibuat semenarik mungkin dengan durasi singkat supaya anak-anak tidak kehilangan konsentrasi. 

Saat dongeng, aku melihat langsung bagaimana interaksi antara bunda Indri (yang mendongeng tentang lingkungan) dengan anak-anak tersebut. Dari situ aku belajar bahwa mendongeng harus melibatkan si anak. Ketika mendongeng kita bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan pada anak untuk mengetahui tingkat konsentrasinya. 

#

Nah, itu dia kegiatanku di hari Minggu kemarin. Capek sih tapi seruuu!

Pulang dari acara tersebut, kami tepar di rumah Hera πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜.

Terimakasih sudah membaca 😊

Ps: Foto-foto di atas di dapat dari berbagai sumber (dokumentasi pribadi, jepretan Hera, dkk).

#

Fyi, bagi yang pengen tahu KaDo Medan, ini dia informasinya:

Kampung Dongeng (KaDo) Medan, Aneka Aktivitas yang Memacu Kreativitas Anak.

Kak Awam Prakoso Pendiri Kampung Dongeng

Base camp Jl. Pembangunan Baru no.11 Simp. Limun Medan


Kak Nazhrah 082366556780


Bunda Indri 081260737073


Email: kadosumut@yahoo.com

Iklan