Hai guys!

Seperti judulnya, aku akan membahas tentang bahasa Inggris dari kata-kata yang ada di judul.

Kenapa aku buat posting-an ini? 

Hmm.. Awalnya aku buka statistik blog ini, di bagian pencarian, aku menemukan terma ini.. Yups, persis seperti judul…

Apa B. Inggris Menulis, Belajar, Membaca, Bertanya, Mendengarkan, Mengajar, Duduk?

Google menghubungkan terma itu pada posting-anku yang berjudul Aku dan Bahasa Inggris (1).

Akunya ngerasa lucu. Posting-an itu nggak ada nyambung-nyambungnya ke terma tersebut, wkwkwkk.

Nah.. Terma ini bikin aku kepikiran. Apakah bahasa Inggris kata-kata tersebut jika disatukan akan jadi plesetan seperti:

Sumber: instagram
Sumber: instagram
Sumber: instagram

Tapi, setelah aku terjemahkan ke bahasa Inggris, toh kombinasinya nggak jadi aneh juga.

Menulis, Belajar, Membaca, Bertanya, Mendengarkan, Mengajar, Duduk

Write, Study/Learn, Read, Ask, Listen, Teach, Sit

Artinyaaaa..

Mungkin aja si pencari lagi ngerjain tugas dan nanya Google.

Hmmm.. Okelah. Sah sah aja sih. 

Itulah gunanya Google ya kan?

#

Tapi, aku ngerasa agak heran. Kenapa nyarinya di Google dan menuliskannya dalam satu kalimat, bukan kata per kata? 

Bukannya itu kata-kata yang dasar banget ya? Maksudnya, di buku-buku teks sering banget muncul kan? Dari tingkat SMP kayaknya udah familiar.. Terutama bahasa Inggrisnya belajar: study

Selain itu, bukannya lebih mudah nyari kata per kata itu di kamus? Baik kamus cetak (memakan banyak waktu), atau aplikasi kamus di hp.

Kalo si pencari bisa googling, artinya dia punya akses internet dan kemungkinan besar dia punya hp android, ya kan?

Baiklah.. Baiklah.. Tidak usah diperpanjang. 

Berkat si pencari, aku jadi terinspirasi untuk buat tulisan ini, hihi. 

#

Jadi… Nggak afdhol kalo aku udah buat judul seperti itu namun nggak banyak membahas tentang bahasa Inggrisnya.

Mari mulai dari kata pertama yaaa. 

#

1. MENULIS

Present tense: write

Past tense: wrote

Past participle: written

Gerund/present participle: writing

Contoh dalam kalimat:

Aku menulis sebuah surat: I write a letter.

#

2. BELAJAR

Present tense: study atau learn

Past tense: studied atau learned

Past participle: studied atau learned

Gerund/present participle: studying atau learning

Contoh dalam kalimat:

Siswa-siswa belajar bahasa Inggris si kelas: The students study English in the class.

Aku belajar sesuatu dari buku ini: I learn something from this book.

#

3. MEMBACA

Present tense: read

Past tense: read

Past participle: read

Gerund/present participle: reading

Contoh dalam kalimat:

Dia membaca sebuah majalah: She reads a magazine.

#

4. BERTANYA

Present tense: ask

Past tense: asked

Past participle: asked

Gerund/present participle: asking

Contoh dalam kalimat:

Kamu bisa bertanya pada guru tentang hal ini: You can ask the teacher about this case.

#

5. MENDENGARKAN

Present tense: listen

Past tense: listened

Past participle: listened

Gerund/present participle: listening

Contoh dalam kalimat:

Dengarkan aku! : Listen to me, please!

#

6. MENGAJAR

Present tense: teach

Past tense: taught

Past participle: taught

Gerund/present participle: teaching

Contoh dalam kalimat:

Guru itu mengajar Matematika: The teacher teaches Mathematics.

#

7. DUDUK

Present tense: sit

Past tense: sat

Past participle: sat

Gerund/present participle: sitting

Contoh dalam kalimat:

Duduklah! : Please, sit down!

Nah, setelah kalian baca penjelasan di atas, kalian tentunya menyadari bahwa aku memberi penjelasan kata secara umum. Artinya, kata-kata yang kupilih itu kata-kata sederhana dan dalam contoh kalimat aku hanya menggunakan present tense saja. 

Saat aku mengerjakan 7 kata di atas, aku baru menyadari bahwa lebih mudah menggunakan aplikasi kamus di hp ketimbang mencari di Google ataupun kamus cetak.

Contohnya saja:

Kata menulis, jika dicari di kamus cetak… harus dicari dari huruf T.. karena kata dasar dari menulis adalah tulis.

Syukurnya, jika dicari di kamus cetak, kata “tulis” langsung mengarah pada kata “write“.

Coba kalo kata belajar dan mengajar

Kata dasarnya adalah ajar. Kata “ajar” di kamus cetak merujuk pada kata “lesson” dan “teach“. Sedangkan teach digunakan untuk bahasa Inggris mengajar, bukan belajar. Walaupun jika dibaca keseluruhan penjelasan kata, akan ketemu juga masing-masing kata tersebut berdasarkan hubungan kata. 

Ribet??? 

Hahahhaa.

Coba kalo kita ngegunain aplikasi kamus..

Kata AJAR
Kata BELAJAR
Kata MENGAJAR

Lihat tuh, mudah banget kan? Dengan menggunakan aplikasi Kamusku, kata “ajar“, “belajar“, “mengajar” bisa dicari tanpa harus menggunakan kata dasar.


Namun, sebaiknya setiap pelajar harus belajar dan bisa menggunakan kamus cetak. 

Kenapa?

Karena dengan mencari kata secara manual di kamus cetak, secara tidak sadar kita belajar bahwa untuk mendapatkan sesuatu kita butuh proses (tidak bisa selalu instan). Selain itu, kemungkinan untuk mendapatkan kata-kata baru saat menjelajah juga terasa menyenangkan.

Baca: Aku, Murid dan Kamus

Setelah mengerti menggunakan kamus cetak, baru lah kita beralih pada aplikasi kamus di hp.

Hal penting lainnya adalah gunakan aplikasi yang tepat saat mencari padanan kata dalam bahasa Inggris seperti:

Kamusku (offline) bisa digunakan untuk mencari kata Indonesia-Inggris dan Inggris-Indonesia. Bisa mendengarkan pelafalannya juga. Spesifik mencari kata/frasa.

Dictionary.com (online bisa juga offline namun harus download kamus offline-nya) untuk mencari kata-kata yang punya arti atau makna yang sama. Berguna untuk mencari padanan kata/frasa. 

Meriam-Webster (offline dan online) kamus berbahasa Inggris-Inggris. Cocok untuk memahami arti kata dalam bahasa Inggris juga. Disertai penjelasan dan pelafalan Amerika. Spesifik mencari kata/frasa.

Terjemahan (online) a.k.a google translate. Walaupun terkadang terjemahannya tidak rapi, namun bisa memberi gambaran kalimat bahkan paragraf panjang.

#

Oke, posting-an ini sudah cukup panjang, jadi aku akhiri saja sampai di sini.

Terimakasih sudah membaca 😊😊😊

Aplikasi kamus apa saja yang kamu instal di hp? Atau kamu lebih suka menggunakan kamus cetak? Yuk, share pengalamanmu di kolom komentar!

Iklan