Seperti janjiku di posting-an Kamu Bloger? Yuk Gabung ke Grup Obrolin, aku mau cerita tentang pengalaman kelas pertama yang kuikuti saat bergabung ke Obrolin. Kelas perdana yang kuikuti itu membahas tentang How to Review a Book.

Salah satu alasan kuat aku gabung ke grup Obrolin yaa.. karena adanya kelas dan diskusi via chat grup. Kelas dan diskusi diadakan di grup Obrolin Serius. Kelas biasanya diadakan pada Minggu malam dan diskusi pada Senin malam pukul 8-10 malam. 

Aku gabung ke Obrolin hari Kamis, 6 Juli 2017 dan aku harus nunggu beberapa hari untuk merasakan atmosfer kelas pertamaku. 

Minggu siang, 9 Juli 2017, Ziza mengumumkan pemberitahuan adanya kelas. Pemberitahuan dikabarkan siang hari supaya kami bisa meluangkan waktu pada malam harinya. Aku semangat bangetlah, haha. Apalagi saat tahu materi, pemateri dan moderatornya kece, wkwkwkwk.

#

Pukul 8 malam, mas Fadel tampak sudah siap siaga dan penuh semangat. Aku bisa merasakan hal itu dari caranya menyapa kami di grup Obrolin Serius. 

Sebagai newbie yang baru merasakan suasana kelas untuk pertama kali, aku terpesona dengan cara mas Fadel membuka kelas. Tulisannya rapi, sistematis namun tetap ada sisi kocak yang bikin senyum-senyum. Kayak MC beneran lhoooo, padahal kan akunya cuma baca chat doang, tapi feel-nya dapet. 

Bocoran chat dari mas Fadel, biar pembaca penasaran, wkwkkw

Pertama, mas Fadel menyapa kami, lalu dia memperkenalkan dirinya serta pemateri sekaligus materi yang akan dibahas. Selayaknya moderator, dia menjelaskan sedikit tentang makna review dan manfaat dari kegiatan me-review buku. 

Udah kebayangkan gimana kalo seandainya sang moderator ngemce di dunia nyata?

Menurutku, memberikan gambaran awal mengenai topik yang akan dibahas merupakan salah satu hal yang patut diapresiasi dari seorang moderator. Karena hal ini secara tidak sadar membuat peserta menjadi lebih fokus terhadap topik yang akan disampaikan nantinya. Aku sendiri jadi lebih semangat dan bertanya-tanya kira-kira apa yaa yang bakal kudapat malam itu, hihihi..

Setelah itu mas Fadel mempersilakan mas Umami untuk menyampaikan materinya. Mas Umami ini walaupun ngakunya nggak expert tapi isi blognya (yang memang lebih banyak berisi tentang review) serta caranya menyampaikan materi berkata sebaliknya. T.O.P.

Nah, topik awalnya kan how to review a book, namun pada kesempatan kali itu, mas Umami mengkhususkannya menjadi “Bagaimana Cara Menulis Review Sebuah Novel”.

Aku secara pribadi setuju dengan pemberitahuan mengenai batasan topik di awal supaya kami bisa lebih fokus terhadap review novel. Hal ini akan mempengaruhi jalannya kelas dan pertanyaan yang nantinya akan peserta tanyakan. 

Mas Umami menyampaikan 6 poin penting tentang bagaimana cara memulai review sebuah novel serta 9 poin yang bisa dijabarkan dalam sebuah review novel, ummm..

Penasaran? Wkwkwkkwkw. 

Ntar materinya bakal di posting di Obrolin.wordpress.com.

Setelah mas Umam selesai menyampaikan materi, mas Fadel kembali mengambil alih forum dan memberi kesempatan pada peserta grup untuk bertanya. Aku ikutan nanya di termin kedua.

Aku nanya tentang pentingkah pemberian rating dalam sebuah review? Serta standar pemberian rating yang diberikan oleh mas Umami secara pribadi. 

Dan inilah jawaban mas Umami..

Selain nanya, aku juga memberi tanggapan terhadap pertanyaan teman-teman yang lain soalnya aku bener-bener klik sama topik itu. Sebelum aku buat blog buku, aku sempat googling dan baca artikel-artikel terkait me-review buku. 

Setelah semua pertanyaan dijawab, mas Umami memberikan closing statement yang menarik.

Kemudian mas Fadel menutup kelas dengan mengucapkan maaf dan terimakasih. Fyi, saking serunya tanya jawab, waktunya sampe kelewatan dari jadwal yang seharusnya. Sekitar jam 11 kurang baru selesai kelasnya. 

#

Jadi, intinya, aku ngerasa senang, puas dan terpesona dengan kelas yang diadakan via chat grup ini. 

Terimakasih sudah membaca 😊

Iklan