Hai pembaca tercinta. 😊

Tantangan 10 Hari Ngobrol Asik yang ketujuh adalah 3 pelajaran yang disukai dan ditunggu-tunggu.


Langsung saja akan kupaparkan 3 pelajaran yang kusukai:

1. Bahasa Indonesia

Awalnya pelajaran bahasa Indonesia itu benar-benar enggak menarik. Aku akui sejak SD, lembar kerja siswa (LKS) dan buku cetak bahasa Indonesia merupakan buku yang sering kubaca. Namun, cara guru mengajar membuatku enggak tertarik dengan pelajaran itu.

Aku merasa pelajaran bahasa Indonesia menjemukan hingga aku naik ke kelas 2 SMA. Aku bertemu dengan seorang guru bahasa Indonesia yang keren.

Di pertemuan-pertemuan pertama, aku anti banget sama beliau. Entah kenapa sikapnya yang tegas membuatku kesal. Namun, setelah sebulan pertemuan, aku mulai bersyukur beliau menjadi guruku. Beliau mengubah persepsiku terhadap bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia itu keren. Rumit tapi menyenangkan. Banyak hal yang bisa dieksplor dari pelajaran tersebut. Beliau juga mampu mengapresiasi kerja siswanya sehingga siswa merasa spesial. Hehe.


2. Biologi

Sejak SMP ayah menyediakan banyak buku IPA untuk bahan belajar. Aku yang lemah hitung-hitungan hanya tertarik membaca buku Biologi.

Aku membaca buku tersebut walaupun enggak ngerti. Haha. Anehnya, saat guru menerangkan di kelas, otakku nyambung gitu.

Kelas 2 SMP aku ikut olimpiade Biologi. Ketika mengikuti kelas persiapan, aku akrab dan sering berdiskusi dengan guru Biologi. Rasanya menyenangkan. Pengalaman suka-duka ketika ikut olimpiade pernah kutulis di sini

Lalu, saat SMA kelas 1 dan 2, aku juga ikut olimpiade Biologi. Aku bukan pintar Biologi, tapi aku menyukainya. Ditambah lagi, enggak ada teman-teman yang berminat belajar Biologi sehingga aku tampak menonjol di pelajaran tersebut.


3. Sosiologi

Aku hanya pernah mempelajari Sosiologi selama satu tahun (kelas 1 SMA). Aku suka sekali pelajaran tersebut karena cara guru mengajarkannya keren.

Guru Sosiologiku terkenal killer. Sejak awal belajar, beliau memang penuh aturan. Namun, beliau menerangkan dengan jelas. Tiap kali ulangan, aku enggak perlu belajar keras karena konsep-konsepnya sudah melekat selama pembelajaran. Beliau sistematis, logis, dan suka melakukan repetisi (mengulang-ulang pelajaran supaya mudah diingat dan dipahami). Beliau mampu membuat kami memeras otak untuk berpikir dan menganalisis fenomena-fenomena sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, cuma di mata pelajarannya aku selalu mendapatkn nilai yang bagus dari hasil belajarku sendiri. Aku pernah menulis metode beliau dalam melaksanakan ulangan di posting-an Masalah Pendidikan Indonesia.


Itulah 3 pelajaran yang kusukai saat sekolah. Aku selalu menunggu-nunggu pelajaran tersebut. Menurutku, itu terjadi karena aku suka pada gurunya dan memahami pelajarannya dengan baik. Hahahhaa.

Terima kasih sudah membaca. 😊

Kalau kamu, pelajaran apa yang kamu sukai dan kenapa suka pelajaran tersebut?