Cari

DEARLANGIT

Let's Learn Together!

#BC 45 : Hal yang Membuat Terluka dan Hal yang Menyembuhkannya

Hai guys! Beberapa hari ini aku menghabiskan waktu di rumah sakit. Bukan.  Bukan aku yang sakit, tapi mamakku. Doakan yaaa. Jadi, aku sebenarnya belum mood untuk nulis.  Padahal selama ini aku nggak pernah mau ngakuin kalo nulis itu dipengaruhi oleh... Continue Reading →

Pelajar vs. Sekolah Saat Ini

Hai guys! Seperti biasa, aku tiba-tiba kepo tentang teori motivasi, jadi iseng-iseng searching di Google. Aku coba baca beberapa blog, tapi nggak ada yang menarik.. Lalu aku teringat akan sebuah artikel berbahasa Indonesia yang kubaca beberapa tahun lalu. Artikelnya oke... Continue Reading →

Anak Perempuan Itu Bertanya Padaku…

Siang tadi, saat aku baru saja hendak memasang headset di telinga untuk mendengarkan lagu demi mengiringi perjalanan Medan menuju Pangkalan Berandan, tiba-tiba seorang anak perempuan yang duduk di sampingku menawarkan roti.  Sebenarnya aku nggak begitu tertarik untuk makan roti saat... Continue Reading →

Catatan #1 : STAD/Kelompok Belajar Siswa

Buku mengenai pembelajaran kooperatif yang bagus dan bisa dibaca gratis

Welcome Pals!

Hai pals!

Dua hari yang lalu, saat me-refresh tampilan beranda iJakarta (aplikasi perpustakaan digital di smartphone), aku menemukan buku menarik berjudul Handbook of Cooperative Learning yang ditulis oleh Shlomo Sharan, P.hD. Buku ini disediakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip DKI Jakarta.

Rasanya senaaaaang sekali bisa menemukan dan membaca buku ini. Aku sangat bersyukur dengan adanya aplikasi perpustakan digital yang bisa diakses secara gratis.

Buku ini diterbitkan pada 1999 namun baru diterjemahkan di Indonesia pada tahun 2012 oleh penerbit Familia.

Aku mulai membaca dari kata pengantar yang ditulis oleh Shlomo Sharan. Pada bagian ini, sang penulis menceritakan gambaran awal tentang konsep Cooperative Learning dan apa saja yang disajikannya dalam buku tersebut.

“Gelombang baru” pembelajaran kooperatif muncul pada awal tahun tujuh puluhan -setelah adanya karya rintisan dari John Dewey dan kemudian dari karya Alice Mail dan Herbert Thelen pada tahun 1950. (Hal. VI)

Bagaimana dulunya penerapan CL ini bisa menimbulkan pro…

Lihat pos aslinya 487 kata lagi

Apa Kamu Penting Bagi Seseorang? Cek Aja Kontak HP-nya!

Aku penting nggak sih buat kamu? Itu adalah satu dari beberapa pertanyaan yang bisa tiba-tiba muncul saat kamu sedang dekat dengan seseorang. Jika pertanyaan itu terlintas di pikiranmu, apa yang akan kamu lakukan?  A. Mengabaikannya B. Bertanya pada orang tersebut... Continue Reading →

Pengamen dan Pendidikan

Hai guys! Sebelumnya aku mau bilang kalo judulnya kayak iyaa iyaaaa banget, padahal isinya semacam catatan harian. But, it's important for me and I think I should write it. # Kemarin malam, setelah kopdar Bloggers' Challenges (BC), Fiqri, pemilik blog chairulfiqrisiregar.wordpress.com,... Continue Reading →

Guru Sebaiknya Berhati-hati Menggunakan Reward and Punishment Saat Mengajar

Hai guys! Kali ini aku ingin membicarakan tentang reward and punishment dalam proses pengajaran di kelas.  Kalo dari judul, kayaknya topik ini serius banget ya, padahal sejujurnya hingga saat ini aku belum pernah benar-benar membaca literatur yang berkaitan dengan reward... Continue Reading →

​Hal yang Dilakukan Ibuku dan Tidak Dilakukan Ibu Teman-temanku

Aku sedang asyik nonton film di laptop bersama Kiran ketika ibu memanggil kami untuk makan malam. "Iya buu, bentar lagi." Aku kembali melanjutkan film tersebut.  20 menit kemudian, suara ibu terdengar lagi. "Iya buu, bentar lagi." "Ayo turun dulu, Na."... Continue Reading →

#BC 44 : Bagiku… LDR itu..

Hai guys! Kali ini aku nulis untuk #Bloggers' Challenges.  Makna jarak dalam hubunganmu (bisa untuk keluarga, teman dan pasangan).  Topik ke-44 yang diberikan oleh Dwita ini terbilang santai. Karena, aku hanya perlu mendefinisikan makna itu ke dalam diriku sendiri.  Sejujur-jujurnya,... Continue Reading →

Blog di WordPress.com.

Atas ↑