5 November 2016

Tantangan nulis hari kelima di bulan November mengenai List Five Places You Want to Visit.

Jelas ya, visit artinya mengunjungi, bukan menetap tinggal. Jadi aku akan menceritakan tempat yang ingin kukunjungi. Alasanku mengunjunginya bukan sekedar jalan-jalan, namun aku ingin mengamati kehidupan masyarakat, bahasa, budaya serta pendidikannya. Aku ingin sekali bisa melakukan riset kecil-kecilan. 

1. Mekah (Arab Saudi)

Aku ingin berkesempatan ke Mekah untuk haji/umrah bersama orang tuaku. Rasanya inilah negara pertama yang harus diprioritaskan untuk dikunjungi sebelum meninggal. Dari cerita orang-orang yang sudah ke sana, memang ada satu sensasi yang beda (dalam bentuk ketenangan dan kebahagiaan tiada tara)  ketika melaksanakan rukun islam yang kelima itu. 

2. Jepang

Sejak kecil aku penasaran dengan Jepang. Ntah karena alasan apa, aku suka negara itu. Mungkin karena ketertibannya. Pola pikir yang maju. Aku masih merasa terkesan tiap kali menyadari bahwa Jepang pernah hancur saat di bom tahun 1945 namun mampu bangkit menjadi negara yang berbeda. Aku pernah baca bahwa selepas kehancuran, mereka membenahi kesehatan dan pendidikan yang membuat perkembangan negara itu maju pesat.Aku ingin mempelajari budaya dan sistem pendidikan mereka. 

3. Swiss

Sejak membaca The Geography of Bliss karya Eric Weiner, aku merasa Swiss negara yang cukup ideal. Tetangga saling mengenal namun tidak ikut campur masalah satu sama lain. Mereka taat aturan. Orang kaya malu menunjukkan kekayaannya. Mereka pribadi yang sederhana namun elit. Disiplin tinggi. Toilet bersih. Lingkungan tertata. Walaupun Eric menganggap kebahagiaan di sana sama dengan kebosanan (karena hidup di sana tidakk berwarna), namun aku suka keadaan seperti itu. Sekedar mengunjunginya untuk membuktikannya, nggak salah kan?

4. Tempat dengan pemandangan-pemandangan indah dan desa-desa maju

Walaupun aku nggak begitu suka berpetualang, aku ingin mengunjungi tempat di mana pemandangannya indah dan belum tercemar. Inginnya sih daerah-daerah di Indonesia seperti Raja Ampat, Lombok, Sabang dsb. Selain itu, aku ingin sekali bisa mengunjungi desa-desa (di mana dominasi hijau pepohonan) namun perkembangannya maju seperti daerah-daerah pedesaan Eropa.

5. Perpustakaan di seluruh dunia

 Jika ke suatu daerah, sebenarnya yang paling ingin kukunjungi bukan Mall ataupun tempat wisata, namun universitas dan perpustakaannya. Rasanya, jika ke suatu daerah, aku merasa perlu untuk melihat pendidikannya yaitu dari sekolah-sekolah dan universitas yang ada. Nggak hanya itu, aku juga selalu penasaran dengan koleksi buku-buku yang ada di perpustakaannya. 

Yak itulah 5 tempat yang ingin kukunjungi. Mungkin ada lagi yang lain tapi aku lupa, haha. 

Iklan